Minggu, 20 Juni 2010

Pariwisata Kota Balikpapan

Orang lebih mengenal Kota Balikpapan dengan istilah kota minyak. Di lain sisi Kota Balikpapan juga memiliki keindahan pesona wisata yang tak kalah menarik dari kota-kota lainnya. Baik itu wisata alam maupun wisata buatannya.

Kota Balikpapan mempunyai fasilitas akomodasi seperti Bandara Internasional Sepinggan, angkutan perkotaan, angkutan bus antar kota dalam provinsi, hotel kelas melati maupun hotel berbintang, apatemen, geust house, dan losmen.

Di Kota Balikpapan ini para wisatawan dapat menikmati keindahan Kota Balikpapan dari berbagai sisi. Wisatawan dapat mengunjungi kawasan wisata alam maupun wisata buatannya.

Wisata alam Kota Balikpapan ialah Pantai Lamaru dan Pantai Manggar Segara Sari. Kedua pantai tersebut memiliki pasir putih yang indah dengan denyuran ombak yang tidak terlalu besar. Bila di Pantai Lamaru wisatawan dapat menikmati keindahan pantainya yang dirindangi oleh pepohonan. Ini yang mengesankan natural bagi para wisatawan untuk merelaksasikan diri dari pengatnya rutinitas. Lain lagi dengan Pantai Manggar, di pantai ini wisatawan dapat berenang, menimati permainan banana boat, perahu santai. Terlebih dari itu, pantai tersebut juga menjajakan aneka kuliner yang beragam.

Wisata belanja di Kota Balikpapan dapat dilihat dari adanya pasar yang berskala nasional maupun pasar tradisional. Para wisatawan dapat menikmati pasar nasional seperti di e-walk Balikpapan Super Block, Balikpapan Plaza, dan Balikpapan Square. Selain itu para wisatawan juga dapat mengunjungi pasar tradisnional Kebun Sayur. Di Pasar Kebun Sayur wisatawan dapat memperoleh cindera mata khas Kalimantan Timur. Segala cindera mata dari khas dayak seperti parang, patung dayak, baju dayak dan perlengkapan dayak yang lain, perhiasan seperti kalung, gelang, cincin yang terbuat dari batu, sampai sarung khas samarinda.

Selain itu wisatawan juga dapat menikmati wisata malam di Kota Balikpapan. Wisatawan dapat mengunjungin club malam yang terdapat di hotel-hotel di wilayah Kota Balikpapan. Club malam di Kota Balikpapan ini juga menawarkan program acara yang berbeda dengan club-club malam lainnya. Terlebih dari itu Kota Balikpapan juga terdapat wisata malam yang tak kalah menariknya, yaitu kawasan Pantai Melawai. Di kawasan Pantai Melawai wisatawan dapat menimati keindahan pantai di malam hari yang diterangi oleh lampu-lampu kapal-kapal laut yang berada di tepian dermaga Pelabuhan Semayang. Di sini wisatawan dapat menikmati keindahan pantai Melawai dengan menimati jajanan di tepi Pantai Melawai. Selain itu wisatawan dapat berduduk santai di Taman Bekapai sambil menimati keindahan Kota Balikpapan. Taman tersebut juga di lengkapi dengan sarana Hotspot Area untuk wisatawan ingin menggunakan fasilitas internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar